IKUTI
INFO PASISIRANCAK
  • 9 bulan yang lalu / info libur lebaran 2022 ekowisata penyu ampingparak: tiket masuk Rp10.000, sewa kano Rp25.000/30menit, sewa perahu listrik Rp150.000/jam
  • 9 bulan yang lalu / konservasi penyu ampingparak berencana realese 1.500 ekor tukik (anak penyu) saat libur lebaran 2022
  • 9 bulan yang lalu / Pokdarwis LPPL Amping Parak Sediakan Bibit Cemara Laut. Harga @15.000/batang
Libur Lebaran 2022, Ekowisata Penyu Ampingparak Lepasliarkan 1500 Tukik

Libur Lebaran 2022, Ekowisata Penyu Ampingparak Lepasliarkan 1500 Tukik

Oleh : Haridman - Kategori : Produk Wisata
1
Mei 2022

AMPINGPARAK, PASISIARANCAK.COM-Konservasi Penyu Amping Parak Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat bakal melepasliarkan 1500 tukik dari berbagai jenis saat libur lebaran tahun 2022. Berdasarkan catatan atau pendataan telur penyu di Kelompok Pegiat Konservasi Penyu Ampingparak, terdapat sekitar sepuluh sarang penyu yang akan menetas dalam masa libur lebaran 2022.

Koordinator Pendataan Penyu pada Konservasi Penyu Amping Parak, Sepriadi (30/4) menjelaskan, dari catatan pendataan yang ada padanya, terdapat 16 sarang penyu yang sudah masa penetasan selama 45 hari.

Ke 16 sarang itu diperkirakan menetas pada masa libur lebaran 2022. Masing-masing sarang rata – rata terdapat sekitar 120 butir telur penyu. Biasanya persentase menetas pada kisaran 70 persen di penetasan semi alami milik kelompok. “Itu artinya, diperkirakan akan menetas sekitar 1500 tukik. Bisa saja jumlah tukik menetas lebih rendah dari itu, atau bisa juga lebih tinggi,” katanya menjelaskan.

Menurut Sepriadi, oleh sebab itu, pengunjung Ekowista Penyu Ampingparak pada libur lebaran 2022, berkesempatan melepasliarkan tukik dalam jumlah lebih banyak. “Ini kesempatan bagi masyarakat atau pengunjung Ekowisata Penyu Amping Parak untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan pelestarian penyu,” katanya.

Dijelaskan Sepriadi, nanti dilapangan pengunjung akan didampingi oleh petugas terlatih di bidang penyu yang berasal dari kelompok. “Pengelola sudah memperoleh pelatihan dari pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan,” pungkasnya.(tim)

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Follow

Desa Wisata

Batik Lumpo Ampuan
Dilan
Labuang Baruak
Kp. Sulaman
Barung Barung Balantai
Limau Gadang Lumpo
Mandeh Rubiah
Sakora
Salido Sari Bulan

Sei. Nyalo
Sei. Pinang
Siguntur Tua
Pantai Suta
Batu Kalang
Muaro Bantiang
Sungai Tawa
Tansridano

Mewujudkan Masyarakat Sadar Wisata